Tahap 1 : Permohonan
Permohonan Secara Online
Pemohonan Mengisi Formulir Aduan Online di Layanan SAMSON
Pemohon mengisi formulir aduan secara online, melengkapi biodata dan bukti pendukung lainnya.
Verifikasi Data Pelapor
Petugas Layanan Aduan menerima permohonan dan memberikan balasan sementara
Petugas memverifikasi biodata dan bukti pendukung lainnya, memberikan balasan sementara dan nomor registrasi aduan. Melakukan Disposisi ke unit kerja terkait.
Notifikasi Pelapor
Pemohon / Pelapor mendapatkan Notifikasi Bukti Aduan
Pemohonan mendapatkan notifikasi bukti aduan dan nomor registrasi aduan melalui Whatsapp.
Tahap 2 : Tindak Lanjut Aduan
Disposisi Aduan
Sub/Seksi Terkait Mendapatkan Disposisi Aduan
Sub/Seksi/Petugas mendapatkan disposisi aduan dari petugas layanan aduan untuk ditindaklanjuti sesuai dengan jenis aduan. Kemudaian melakukan proses cek lapangan.
Cek Kesesuaian Data Lapangan
Sub/Seksi Terkait Melakukan Cek Lapangan
Menindaklanjuti aduan dengan melakukan cek lapangan untuk memastikan kebenaran aduan dan mengumpulkan bukti pendukung lainnya. menindaklanjuti dan memecahkan permasalahan sesuai dengan kewenangan. serta melakukan pelaporan hasil tindak lanjut aduan.
Konfirmasi Hasil Tindak Lanjut
Petugas Layanan Aduan melakukan Konfirmasi Hasil Tindal Lanjut
Petugas layanan aduan melakukan konfirmasi hasil tindak lanjut aduan kepada pemohon melalui Whatsapp.
Tahap 3 : Hasil dan Ulasan
Kepuasan Layanan
Pemohon / Pelapor Mendapatkan Konfirmasi Hasil Aduan
Pemohon mendapatkan konfirmasi hasil tindak lanjut aduan melalui Whatsapp. Pemohon dapat memberikan ulasan kepuasan layanan terhadap proses penanganan aduan.