PPP Bulu – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan jasa dalam kegiatan Pelabuhan Perikanan. Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tawang dan Karimunjawa dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja dan studi orientasi pengelolaan pelabuhan di Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu dibawah naungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Dalam kunjungannya PPP Tawang dikoordinatori oleh Kalabuh Bapak Ifdlol Syukri, S.Pi,M.Sc,M.Si bersama 3 (Tiga) anggotanya yang terdiri dari Kasubbag Tata Usaha, Penarik Retribusi dan Pengolah Data, sedangkan Tim dari PPP Karimunjawa dikoordinatori oleh Kalabuh juga yaitu Bapak Saifuddin,ST didampingi Bendahara Pengeluaran Pembantu, Staf dan tenaga Teknis.

Kunjungan kedua PPP disambut hangat oleh kalabuh PPP Bulu Bapak Kartono Umar,S.Pi, MAP didamping Plt.Kasubbag Tata Usaha Bapak Agus Subagijo,S.Pi diruang Pertemuan “Cumi-Cumi” Lantai 2. Sambutan pembuka oleh Plt. Kasubbag Tata Usaha dalam penjelasannya beliau mengatakan Permasalahan di Pelabuhan Perikanan Pantai itu mirip-mirip saya sangat senang mendapatkan kunjungan sebagai media sharing dan pengembangan terhadap pelayanan yang prima.

Sambutan Kalabuh PPP Bulu
Sambutan Kalabuh PPP Bulu

Senada dalam awal paparan Profil Pelabuhan Bulu, Kalabuh mengatakan sebenarnya UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu memiliki permasalahan dalam pengelolaan namun dengan dukungan inovasi-inovasi dari yang muda, kami bisa berupaya memberikan solusi. Kalabuh Bulu dalam materi paparan menjelaskan struktur organisasi hingga instalasi, fasilitas pokok, pengelolaan aset retribusi hingga proses pembayaran, pengelolaan layanan dalam pemaparan Inovasi dijelaskan oleh staf yang dibidangnya. Dalam kunjungannya studi tiru ini mereka memberikan apresiasi terhadap inovasi-inovasi yang dijelaskan oleh tim Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu.

“Ditempat kami itu jika ada lomba inovasi selalu bingung, mau membuat inovasi apa. Ternyata dari sini kita bisa belajar dari hal sepele bisa memberikan manfaat salah satunya layanan whatsapp”

Ujar Bapak Saifuddin selaku Kalabuh PPP Karimunjawa
Kunjungan Lapangan Layanan Terpadu
Kunjungan Lapangan Layanan Terpadu

Selain itu dari Pelabuhan Tawang juga tertarik dengan SIMPELPAS (Sistem Informasi Manajemen Pelabuhan dan Pengguna Jasa) secara online yang menjadi aplikasi integrasi pelabuhan.

“SIMPELPAS ini sangat bagus, saya tertarik dengan aplikasi ini bisa memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat nelayan dan realtime”

Kata Bapak Ifdlol selaku Kalabuh PPP Tawang
Kunjungan Lapangan di Dermaga
Kunjungan Lapangan

Dengan kunjungan ini mereka mendapatkan pemasukan materi dan wawasan baru terkait inovasi, dan bisa bertukar ilmu terkait pengelolaan retribusi dalam pelabuhan, masing-masing punya kekurangan dan kelebihan dalam pelayanan kepada masyarakat nelayan. setalah melakukan diskusi dalam ruangan, rombongan tim studi tiru PPP Tawang dan Karimunjawa melakukan kunjungan lapangan terkait Pelayanan Terpadu, Bangunan Los Jaring, Tempat Pelalangan Ikan, Dermaga dan lokasi objek retribusi lainnya yang bisa kita terapkan dalam proses penanganan benturan/dampaknya di masyarakat.(AND)