UPT PPP BULU – Dalam rangka memberikan pemamahan dan sosialisasi terkait tertib dokumen kapal perikanan berbendara Indonesia, UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu melalui Seksi Pelayanan Teknis Pelabuhan melaksanakan Pertemuan yang mengundang beberapa kelompok nelayan yang memerlukan tindak lanjut dalam penertiban dokumen. Pada kesempatan ini Kamis, 27 Oktober 2022 diadakan pertemuan di Teras Pelayanan Terpadu.

Kegiatan ini dhadiri sekitar 20 orang pemilik kapala atau yang mewakili, mereka sangat antusias dalam mendengarkan paparan pemateri Bapak Yudi Wibowo selaku pengelola Layanan Operasional yang bertugas sebagai petugas Layanan Terpadu. Bapak Agus Sunagijo, S.Pi selaku kasie Pelayanan Teknis Pelabuhan membuka kegiatan dengan arahan terkait kewajiban kapal perikanan agar segera melengkapi dokumennya minimal memiliki NIB sebagai bukti Usaha Perikanan Tangkap.

Dalam kesempatan yang sama Bapak Samsudin selaku perwakilan Kamladu Bulu menjelaskan sama dengan arahan sebelumnya, Beliau juga menyampaikan bahwa baru sekitar 3 bulan menjabat tugas di wilayah Bulu. Beliau sangat mengharapkan dukungan masyarakat nelayan.

Masyarakat nelayan yang hadir mendapatkan arahan prosedur pendaftaran Nama Kapal Perikanan secara nasional dengan Aplikasi dari dishub, sehingga sebelum melengkapi dokumen, nelayan disarankan melakukan pengecekan nama kapalnya apakah ada duplikat atau kesamaan di tempat lainnya. 15 nama kapal yang hadir juga akan dilakanakan pengecekan fisik kapal.

UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu memberikan arahan dimana masyarakat dilarang merubah warna maupun pola warna, nama kapal sesuai keinginannya, biodata juga harus sesuai Kartu Identitas Elektronik (KTP-eL) sehingga membantu proses pendaftaran dan tidak hal yang terjadi dikemudian hari

Untuk mendukung Pembangunan Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi, dalam pertemuan juga disampaikan tata cara pengaduan masyarakat secara online melalui Si-SAMSON (Sistem Informasi Saran dan Aduan Mayarakat Secara Online) di halaman pppbulu.dkp.jatimprov.go.id/proaktif. (dk)