PPP BULU – Dalam rangka meningkatkan Kompetensi Sumber daya Manusia di bidang pengelolaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) di Lingkup Keuangan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Bimbingan Teknis SIPD ini diikuti kurang lebih 50 orang terdiri dari Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) dan Bendahara Penerimaan Pembantu (BPPn) yang diselenggarakan di Hotel Khas Malioboro pada tanggal 10-12 November 2022.

Pemaparan Bapak Hari Irawan
Pemaparan Ibu Lindi (BPKA DIY)

Hari pertama bimtek terkait Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah terkait perencanaan dalam penganggaran yang dipaparkan oleh Hari Irawan dari Kemendagri secara daring. Dimana meliput alur umum penggunaan aplikasi SIPD secara keseluruhan meliputi GU dan LS yang sudah dilakukan dalam monitoring. Materi yang disampaikan secara global dalam penggunaan sistem tersebut. Selain itu pihak kemendagri menerima masukan dan saran terkait implementasi. Untuk sesi selanjutnya disampaikan Ibu Lindi dari BPKA DIY terkait tata cara SIPD Perencanaan hingga proses tips dan trik hingga proses pelaporan data dari Sistem.

Pemaparan SBU, SBJ dan ASB oleh Ibu Reni Wulandari
Pemaparan Teknis SIPD dari Assa Raganata

Hari Kedua Bimtek sesi pertama disampaikan oleh penyaji Ibu Reni Wulandari dari BPKA DIY  tentang SBU, HSPK, dan ASB yang ada di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) perhitungan dalam membantu proses perencanaan dan Dewi Lukita Sari terkait pengunaan SIPD dalam kegiatan Penatausahaan Penerimaan PAD mulai dari penentuan Rencana Target Penerimaan hingga proses pelaporan penerimaan. Sesi selanjutnya secara teknis terkait Petunjuk Teknis Input Perencanaan SIPD Assa Raganata dari BPKA DIY. Dalam sesi ini dipaparkan secara gamblang penggunaan aplikasi SIPD dari proses input perencanaan, pelaporan hingga export data.

Mentoring dan Arahan Ibu Sekretaris DKP Jatim

Hari Ketiga Mentoring dan motivasi dari Ibu Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan dilanjutkan Family Gathering mengelilingi Kota Yogyakarta sebagai penyegaran kinerja pegawai. Dari kegiatan ini diharapkan memberikan feedback dorongan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam kerja.