PPP Bulu – Dalam mendukung percepatan Roadmap Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024, Birokrasi pemerintah merupakan salah satu elemen penting dalam upaya mencapai tujuan nasional yang secara fundamental dinyatakan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan secara instrumental dinyatakan dalam RPJPN Tahun 2005-2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 yang salah satunya terfokus pada reformasi birokrasi dan tata kelola.

Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan pemerintahan kelas dunia (world class bureaucracy). Melalui RB, dilakukan penataan terhadap tata kelola pemerintahan yang tidak hanya diarahkan untuk menjadi lebih efektif dan efisien namun juga pemerintah yang profesional, berintegritas tinggi, dan mengutamakan kepuasan pelayanan masyarakat. Maka dari itu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melaksanakan Workshop Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2023 untuk Pimpinan Unit Pelaksana Teknis dan Agen Perubahan pada tanggal 8-9 Maret 2023 di Hotel Platinum Tunjungan Surabaya.

Hari pertama wokshop dilakukan dengan laporan Ketua Panitia kegiatan Ibu Sekretaris DKP Jatim dilanjutkan pembukaan Ceremony Workshop Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2023 oleh Bapak Dr.Muhamad Isa Anshori ATD.MT Selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim, dengan rangkaian acara sebagai berikut :

  1. Simbolis penyerahan Laporan Kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 kepada Gubernur Jawa Timur (diwakili oleh Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Timur)
  2. Simbolis penyerahan rencana kerja agen perubahan tahun 2023 lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur kepada Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur
  3. Simbolis penyerahan rencana kerja agen perubahan tahun 2023 lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur kepada Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur
  4. Penyerahan Piagam SAKIP Tahun 2022 pada unit kerja lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur
  5. Penyerahan apresiasi pada pembangun Zona Integritas Tahun 2022 lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur
Penyerahan Piagam Penghargaan AKIP Predikat A kepada Kalabuh Bulu
Foto Besama
Pengukuhan Agen Perubahan Tahun 2023

Dalam kesempatan ini UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu mendapatkan nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) predikat “A” memuaskan dan dilanjutkan Pengukuhan Agen Perubahan Tahun 2023 dilingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Selesai acara seremonial dilanjutkan Paparan pembuka terkait Kebijakan umum Reformasi Birokrasi Tahun 2023 oleh Dr. Ramliyanto SP, MP Selaku Kepala Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur dan dilanjutkan oleh ibu Wiwit Kurniawati, S.AP., M.M. selaku Kepala Sub Bagian Percepatan Reformasi Birokrasi dengan Tema Peran Agen Perubahan dalam Pelaksanaan reformasi Birokrasi.

Sambutan Bapak Dr. Ramliyanto SP, MP
Paparan Dari Biro Organiasi Oleh Ibu Wiwit Kurniawati, S.AP., M.M dan Bapak Agung Subali,S.T,M.AK dari Inspektorat Jawa Timur

Penyaji materi dari inspektorat dengan tema “Penguatan Pengawasan dalam Pelayanan Publik” oleh bapak Agung Subali, S.T, M.AK dalam acara Workshop Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Membangun Budaya Birokrasi yang Inisiatif, Kolaboratif dan Inovatif (IKI) Jatim. Kegiatan ini diikuti juga Dinas dan OPD Kabupaten/Kota di Lingkup Pemprov Jatim sehingga mampu memberikan dukungan kolaboratif.

Untuk di hari kedua workshop khusus untuk Kepala Sub Bagian Tata Usaha, dilakukan penguatan materi terkait Langkah Strategis Kesetaraan Gender dalam Birokrasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Diakhir acara workshop dilakukan rumusan hasil kegiatan acara sebagai komitmen percepatan reformasi birokrasi.