PPP Bulu – Kabupaten Tuban memiliki potensi hasil laut yang sangat besar, dengan panjang pantai kurang lebih 65 Km yang membentang dari Kecamatan Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo dan Bancar. Khusus kecamatan bancar memiliki panjang pantai kurang lebih 19 Km. Kawasan Bulu memiliki potensi hasil tangkapan ikan 1-2 Ton perhari. sehingga untuk memberikan kualitas ikan saat di kapal hingga didaratkan sampai ke konsumen, perlu wawasan tentang penanganan ikan yang baik. Dengan ini UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu melaksanakan kegiatan sosialisasi Penanganan Ikan Pasca Panen pada tanggal 20 Juni 2022 di Ruang Pertemuan Cumi-Cumi Lt.2.

Mengapa perlu wawasan tentang ini? dimana Nelayan atau Pengolah ikan yang didominasi istri nelayan. “Sehingga pada kesempatan ini kita belajar terkait bagaiaman mutu hasil tangkapan bapak ibu yang didaratkan di dermaga tetap terjaga” Kata Kalabuh PPP Bulu di saat pembukaan acara.

untuk memberikan wawasan, UPT PPP Bulu menghadirkan penyaji materi dari Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Fanni Al Fanany,S.Pi. Dalam paparannya narasumber menjelaskan Prinsip ABCD terkait menjaga mutu ikan pasca panen. apa yang dimaksud Prinsip ABCD?

Prinsip ABCD merupakan Prinsip Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB), yaitu :

  • A / Ati-Ati (Cermat) Ikan adalah komoditi yang cepat sekali mengalami penurunan mutu sehingga perlu perhatian serius (Hati-Hati) agar mutu ikan tetap terjaga.
  • B / Bersih (Higiene) Higiene baik terhadap penangangan di kapal, sarana penanganan, tenaga yang menangani  dan tempat penyimpanan ikan sesuai dengan No. KEP.21/MEN/2004 tentang Sistem Pengawas dan Pengendalian Mutu Hasil Ikan untuk Pasar Uni Eropa.
  • C / Cepat Ikan yang diangkat ke atas kapal segera dibekukan untuk memperpanjang masa kesegaran ikan.
  • D / Dingin Perlakuan suhu rendah untuk menghambat proses enzimatis dan aktifitas mikroba pengurai daging.

Kebijaka nPenerapan Sertifikat Cara Penanganan Ikan Yang Baik (CPIB) Di Pelabuhan Perikanan

  • Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan
  • UNDANG-UNDANG NO 45 TAHUN 2009 PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 31 TAHUN 2004 TAHUN 2004 TENTANG PERIKANAN
  • UNDANG-UNDANG NO 18 TAHUN 2012 TENTANG PANGAN
  • PP Nomor 57/2015 tentang Sistem Jaminan Mutu dan  Keamanan Hasil Perikanan Serta Peningkatan Nilai  Tambah Produk Hasil Perikanan
  • Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor  7/Permen – KP/2019 Tentang Persyaratan dan Tata  Cara Penerbitan Sertifikat Cara Penanganan Ikan yang  Baik

Masyarakat nelayan dan pengolah ikan yang menjadi peserta sosialisasi sangat antusias dan memahami penjelasan materi yang disampaikan, karena dengan mutu ikan yang bagus atau baik akan meningkatkan daya jual tinggi.